TERBONGKAR SUDAH!!! Mencoba Menutupi "PLAGIARISME" AFI, Akun Dhulmaz Zaman "EDIT" Postingan 2015



Asa Firda Inayah atau lebih beken dengan nama akun Facebook miliknya, Afi Nihaya Faradisa, membuat kegemparan di Indonesia dalam waktu beberapa pekan terakhir.

Berkat serial tulisannya di media sosial, Afi kekinian menjadi terkenal. Ia kerapkali diundang memberikan orasi kebudayaan, diskusi off air, dialog di stasiun televisi, dan diundang banyak para pembesar negara. Bahkan kabarnya hari ini diundang oleh Presiden Jokowi untuk menghadiri upacara peringatan lahirnya Pancasila.

Namun, termutakhir, kehebohan warganet mengenai Afi justru karena ada dugaan dirinya melakukan "Plagiarisme" alias menjiplak tulisan orang lain.

Tulisan Afi yang berjudul "Belas Kasih Dalam Agama Kita", yang dipublikasikan memakai namanya di Facebook (25/5/2017), dan juga dipublis detikcom dengan judul "Pezina yang Diampuni: Belas Kasih dalam Islam" pada 29 Mei 2017. (https://news.detik.com/kolom/d-3514171/pezina-yang-diampuni-belas-kasih-dalam-islam), TERNYATA copy paste dari tulisan Mita Handayani yang berjudul judul "AGAMA KASIH" yang diunggah ke Facebook pada 30 Juni 2016 dengan perbedanan pada tanda baca penulisan, pemenggalan kalimat/paragraf dan judul yang diganti. Tambahan lain pada akhir paragraf dan ternyata juga saduran dari kalimat yang diucapkan Malala Yousafzai, gadis Pakistan peraih Nobel itu.

Pendukung AFI pun yang selama ini puja puji tercekat. Berbagai cara mereka lakukan untuk membela AFI.

Terbaru, akun facebook dengan nama "Dhulmaz Zaman" memposting tulisan "AGAMA KASIH" seperti yang diposting Mita Handayani, namun di akhir tulisan disebutkan "Oleh Dek Afi Nihaya Faradisa".  Yang sekilas publik bisa tertipu adalah seolah tulisan "AGAMA KASIH" (dengan penulis "Oleh Dek Afi Nihaya Faradisa") diposting pada 19 Desember 2015 oleh "Dhulmaz Zaman".


Sumber : pi

0 Response to "TERBONGKAR SUDAH!!! Mencoba Menutupi "PLAGIARISME" AFI, Akun Dhulmaz Zaman "EDIT" Postingan 2015"

Posting Komentar